Asah Kecerdasan Naturalistik Santri, PPTA Abdullah Al Busyroni adakan Farming Gardening Project

 

    Farming gardening project di PPTA Abdullah Al Busyroni dibina langsung oleh Dr. Fatimah Batubara, S.P, M.Si, hal ini merupkan pembelajaran terhadap siswa dalam mendapat kesempatan dan merasakan penerapan topik serta isi pembelajaran dalam situasi nyata. Pembelajaran tentang berkebun dari sumber langsung dari alam sekitar  memberikan para santri akan pengalaman dunia nyata. Melihat dan merasakan langsung bagaimana tanaman tumbuh untuk dipanen dan bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya menjadikan mereka peduli dan menghargai lingkungan dengan baik, mandiri, bertanggung jawab, kooperatif, saling bergantung dan siap berbuat serta bertindak, yang pada akhirnya meningkatkan kesadaran ekologis.

    Menurut berbagai sumber, berkebun setidaknya memiliki beberapa manfaat  bagi anak, antara lain: dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, meningkatkan daya tahan tubuh, melatih gerak kasar dan halus, menumbuhkan ilmu dan pengetahuan, melatih kesabaran dan tanggung jawab, dan yang tak kalah pentingnya, menanamkan rasa cinta terhadap alam.

  Dr. H. Dedi Iskandar Batubara, S.Sos., SH., MSP.,  MH., CIRBC selaku Pembina Yayasan, mengharapkan para santri nantinya dalam menjalankan kegiatan tersebut dapat menjadi agenda rutin setiap minggunya, sehingga kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadikan para santri memiliki life skill. Menjalani kehidupan saat ini diperlukan pembekalan yang bermula dari pengasahan terkait kecerdasan dasar, imbuh Pembina Yayasan.






Lokasi



Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Abdullah Al Busyroni
Yayasan Haji Dedi Iskandar Batubara