Sambut Penerimaan Santri Baru PPTA Abdullah Al Busyroni Giat Menjadi Pesantren Tahfidz Sehat Pertama di Serdang Bedagai

Sektor pendidikan mempunyai peran penting dalam membentuk Sumber Daya Manusia yang sehat, unggul dan berkualitas. Ada berbagai macam sistem pendidikan, salah satunya adalah Pondok Pesantren.



Pada 20/02 Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara melaksanan kunjungan ke Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur'an  Abdullah Al  Busyroni Jl.Pelintahan (Bedagai) Desa Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Visit ini dipimpin oleh Kepala Bidang Kesmas Dinkes Serdang Bedagai dr.Hendri Yanto.


Kunjungan ini dilakukan dalam rangka berkoordinasi untuk saling berkomitmen dan sepaham dalam prilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan pesantren serta menyepakati beberapa program kesehatan yang akan rutin dilakukan oleh santri melalui UPT Puskesmas terdekat.




Hal ini disambut baik oleh direktur pondok pesantren, tenaga pengajar dan  para santri di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur'an (PPTA) Abdullah Al Busyroni.


Direktur PPTA Abdulla Al Busyroni, Bachtiar Ahmad Fani Rangkuti, S.Sos. I., M.Si. Al-Hafizh menyampaikan, "Pengelolaan pesantren saat ini bukan hanya berbicara tentang pendidikan agama saja, namun pengamalan agama harus menjadi dasar dalam perjalanan pendidikan itu sendiri. Kami selaku pengelola pendidikan tentu membuka diri untuk dinas kesehatan agar dapat memberikan informasi  dan pengarahan terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat,  serta pencegahan dan pengendalian kejadian luar biasa untuk masyarakat pesantren." tutur Bachtiar, saat ditemui awak media. 


Dengan kunjungan ini para pengurus pesantren dan pengawas pondok pesantren akan memotivasi dan mendorong para santri untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat mulai dari kebersihan lingkungan dan diri sendiri hingga kondisi fisik yang sehat akan berdampak pada pembelajaran yang berjalan dengan baik dan optimal. 


Seri Ulina, salah seorang pegawai  Dinkes Sergai juga mengatakan "PPTA Abdullah Al Busyroni merupakan pesantren pelopor yang sangat membuka ruang untuk dinas kesehatan yang biasanya pihaknya kesulitan masuk untuk bersinergi" pungkas Ulina.


Lokasi



Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Abdullah Al Busyroni
Yayasan Haji Dedi Iskandar Batubara